Beranda Opini Pembangunan Berbasis Sumber Daya Insani Masa Depan

Pembangunan Berbasis Sumber Daya Insani Masa Depan

51
0

National Day Kerajaan Saudi Arabia

Oleh Dr Masud HMN

Melayu Pos Indonesia – Ulang Tahun ke 91 sebagai hari kelahiran modernisasi bagi Kerajaan Saudi Arabia yang jatuh tanggal 23 September 2021, berlansung dalam suasana dunia dengan fenomena beragam. Seperti pandhemi Covid 19, perubahan iklim, ekonomi yang melemah dan politik keamanan yang belum stabil.

Sejalan dengan itu Hari kemerdekaan (National Day) Kerajaan Saudi Arabia sendiri terdapat tantangan yang tidak mudah. Pandemi merupakan faktor amat mempengaruhi Bagaimana pandhemi sebagai tantangan, dijadikan kesempatan. Upaya untuk melakukan perubahan, perbaikan serta inovasi.

Hal utama adalah bagaimana mengabungkan bentuk acces teknology modern yang ada sekarang dilansungkan dalam relasi bisnis, akademik maupun sumber daya yang ada . antar negara. Gagasan besar Pangeran Mohammad bin Salman (MBS) yang disampaikan baru baru ini yakni Program Human Capbilty Development (HCDP) atau Pemberdayaan Sumber Daya Insani adalah upaya menjawab masalah yang dihadapi itu.

Langkah yang relevant untuk dilaksanakan
Yaitu bagimana HDPC ini dimplementasikan sejak usia muda,menjadikan guru terlatih, mentraining para pekerja. Kemudfian dapat memperluas wawasan, merubah mind set Sehingga tidak terpaku pada tradisi masa lalu. Zaman kendaraan unta, jalan kaki mengharungi gurun, wanita tak boleh keluar rumah dirubah. Mulai mengadopsi kemjauan zaman dan menyesuaikan modernisasi yang relevant.
Seperti ditulis Dr Ghadeer Talal Melibari dalam sebuah artikel diharian Saudia Gazeth edisi 23 September 2021 berjudul Looking To The Future on Our national Day menegaskan, perlunya program HCDP sebagai norma pembangunan Saudi Arabia kedepan.

Kandidat Profesor yang kini pengajar pada Universitas Ummul Qura, Mekkah Saudi Arabia itu, percaya dengan basic akademik yang kuat Visi 2030 Saudi Arabia akan sukses. Karena pemdidk guru, dan unsur pendukung linnya dapat bernsenergy dalam pembelajaran, “Inparting our knowledge and exprience” kata intelektual wanita jurusan Bahasa Ingris dari alumnis Unversity of Hardsportshare Inggris tersebut.

Dalam pandangan dia, pendidikan yang berbasis pengalaman diluar tradisi, dapat menjadi role model, Hal ini menjadi harapan dalam membangun langkah mandiri untuk meraih sukses. “Expectasion, creating their own route to success” tulis Ghadeer Talal Melibari. Dengan demikian, Gagasan Besar Pangeran MBS dalam keterbukaan, ekonomi tidak semata bergantung pada minyak, transportasi dan tourist dapat tersambung dengan Program HCDP.

Dalam pandangan Indonesia, Saudi Arabia adalah sahabat yang sejati dalam perkembangan sejarah yang berubah ubah. Hubungan yang tidak lapuk oleh hujan dan tak lekang oleh panas. Kita mengucapkan Selamat Hari ulang tahun ke 91 warga Negara Kerajaan Saudi Arabia, Semoga Yang Mulia Raja Salman selalu sehat dan panjang umur dibawah lindungan dan keberkahan Allah Subhnanu wataala Amin yarabbal alamiin.

Jakarta 23 September 2021
*) Dr Masud HMN adalah Dosen Pascasarjana univesitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA) Jakarta.

Email : masud.riau@gmail.com

Baca Juga :

Kadis Pertanian Tanjabtim “Sunarno, SP Hadiri Panen Raya Dikecamatan Rantau Rasau.

Baca Juga :

Pemdes Cuhai Lamandau Bangun Jembatan, Gerbang Wisata Air Terjun Silikan Panjang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here