Beranda Indonesia News Rencana Gedung Sekolah Jadi Isoter Covid 19, Komisi lll DPRD Tanjabtimur Akan...

Rencana Gedung Sekolah Jadi Isoter Covid 19, Komisi lll DPRD Tanjabtimur Akan Diskusi Kesatgas dan Diiknas

507
0

Muara Sabak, Melayuposindonesia.com – Rencana gedung sekolah menjadi pilihan tempat isolasi terpusat (Isoter) pasien Covid 19 ditingkat kecamatan. Berdasarkan hasil dari rapat Gugus Tugas Covid-19 atas surat edaran Bupati Tanjabtimur tentang pemberlakuan PPKM level 3.

Ada 11 gedung sekolah yang ada di 11 Kecamatan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, salah satunya gedung SMPN 2 di Kecamatan Rantau Rasau.

Menanggapi hal itu, Ketua komisi lll DPRD Tanjabtimur “Firman Ayusda, S.Pd.l, yang didampingi Anggota ” Musabakoh, Ermaida Siringgo Ringgo, dan Hasniba, saat dikonfirmasi Media ini disela sela pemantauan Gebyar Vaksinasi Covid 19 di Desa Rantau Jaya, Kecamatan Rantau Rasau, Kamis (26/8/2021) kemarin, ia mengatakan belum mengetahui baru dapat berita,” ungkapnya, itu baru rencana persiapan, karena tempat isolasi itu perlu tempat, prasarana yang memadai. Kami akan berkoordinasi dulu dengan satgas dan Dinas Pendidikan, bagaimana aktivitas belajar mengajar tidak terganggu, walaupun sekarang aktivitas belajar melalui luring, namun tidak lama lagi akan melakukan ujian UNBK,” ujarnya. Secepat kami akan turun kelapangan untuk memastikan,” ungkap Firman Ayusda, ketua komisi lll yang bagian pengawasan dibidang pendidikan.

Seperti dilansir RJC. Junaedi Rahmad Kadis Pendidikan Kabupaten Tanjabtim, mengatakan karena dibutuhkan gedung sekolah untuk isolasi terpusat, “Kita mendukung Satgas Covid-19 dalam upaya pencegahan dan penyebaran Covid-19 meskipun sebetulnya, meski sekolah tidak ada tatap muka tetapi guru tetap masuk dan siswa kadang masuk untuk menyerahkan tugas (Belajar Luring),” Ungkapnya.

Namun, karena permintaan dan dibutuhkan sebagai tempat isolasi terpusat di kecamatan ya, kita siapkan. Kita siapkan Gedung sekolah tersebut untuk tempat isolasi terpusat maka kita pilih sekolah yang memiliki fasilitas kamar mandi atau WC, air bersih mushola yang memadai, dan ada jaringan internet. Semua gedung yang kita siapkan tentu akan ditinjau dari satgas untuk kesiapannya.

“Prinsipnya kalau dibutuhkan siap digunakan dan kita berkoordinasi dengan satgas Covid kabupaten, kecamatan dan desa, ” Pungkasnya.

Berikut daftar Gedung sekolah yang akan dipakai isolasi terpusat kecamatan:

1. SMPN 1 Muara Sabak Timur

2. SMPN 2 Rantau Rasau

3. SMPN 10 Nipah Panjang

4. SMPN 6 Sadu

5. SMPN 22 Berbak

6. SMPN 21 Muara Sabak Barat

7. SMPN 7 Kuala Jambi

8. SMPN 14 Mendahara

9. SMPN 19 Mendahara Ulu

10. SDN 114 Geragai

11. SMPN 4 Dendang

Sementara itu Ernawati kadis Kesehatan Kabupaten Tanjabtim menyampaikan, penganggaran operasional Isolasi terpusat ini berada di dinas kesehatan. Mulai dari penyiapan APD, Bed (tempat tidur), obat dan vitamin serta Asupan/makan.

Sedangkan perawat kita akan pakai Nakes yang ada di Polindes, Pustu sedangkan Dokternya terpusat, jika penyakitnya berat maka kita bawa ke Rumah Sakit untuk di tangani Dokter.

Semua kebutuhan sudah kita siapkan anggarannya di Dinas Kesehatan, meskipun masih menunggu anggaran refokusing tahap ketiga.

“Jadi kita menunjuk pihak ketiga dengan pembayaran tempo baik itu Sarpras maupun makan dan minum seperti yang sudah kita jalankan selama ini, Jelas Ernawati.

Saat disinggung banyak warga yang demam, hilang daya perasa dan penciuman, Ernawati menyalahkan karena tidak ada laporan yang masuk ke Dinkes yang akhirnya tidak bisa melakukan Tracing dan Tracking.

Nasib Pembelajaran Disaat Sekolah Dipakai Tempat Isolasi

Nasib pembelajaran peserta didik di Sebelas sekolah yang dipakai isolasi pasien Covid-19 belum jelas. Warga masyarakat banyak yang mengeluhkan dan khawatir nasib anak-anaknya.

Joko Purnomo kabid SMP, mengatakan skenario pembelajaran menerapkan Daring. Jadi pembelajaran tetap dilaksanakan.

Gedung sekolah ini kan jadi alternative terakhir jika gedung puskesmas, rumah sakit penuh. Maka kita bekerjasama dengan Satgas Covid-19. Mudah-mudahan tidak sampai memakai gedung sekolah. (Ramzi)

Baca Juga :

Kearifan Global dan Kemenangan Taliban Di Afghanistan

Baca Juga :

Kades Rantau Jaya “Sumaryadi” 250 Orang Warganya Ikut Vaksinasi Covid 19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here