Beranda Indonesia News PKBM Cakra Widya TA 2022- 2023 Siap Terima Warga Belajar Paket A,...

PKBM Cakra Widya TA 2022- 2023 Siap Terima Warga Belajar Paket A, B, Dan C

175
0
Rantaurasau, Melayuposindonesia.com – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cakra Widya Rantau Rasau, Kabupaten Tanjung Jabung Timur siap untuk menerima Warga Belajar Paket A, B, dan C untuk tahun ajaran 2022 – 2023.

Hal itu disampaikan oleh ketua pengelola PKBM Cakra Widya Rantau Rasau, Ellyk Suryana, S.E, bersama anggotanya, Joko Irwanto,S.Pd, Sudarno, S.Pd, Nurkholis Huda, M.Pd, Apner Manalu, S.Pd, Ardian Giri PA, S.Pt, Andang Sugiarto, S.E, Intan Permatasari, S.E, Bastian, S.Pd, saat berbincang bersama Media, setelah selesai mengawas pelaksanaan ujian semester ganjil, bagi warga belajar di SMK Nusantara SK 11 Kelurahan Bandar jaya, Minggu (28/11/2021).

Baca Juga : HUT PGRI dan SMA N I Temu Kangen Kepsek banyak Alumni menjadi orang besar

Ellyk Suryana, mengatakan, program Paket ini merupakan Pendidikan, kesetaraan pendidikan nonformal yang mencakup program Paket A, B, C dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan, keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional peserta didik.

Kelompok belajar (Kejar), baik program Paket A, program Paket B, maupun program Paket C setara SMA dapat diselenggarakan melalui Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), atau satuan sejenis lainnya.

Baca Juga : Musdes RKPDes Pematang Mayan tetapkan 3 skala prioritas

Pendidikan non formal menurut Undang -Undang dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia tentang pendidikan non formal adalah jalur pendidikan diluar formal yang dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang, sedangkan Paket C setara SMA adalah program pendidikan lanjutan dari Paket B setara SLTP.

Tujuan diiselenggarakannya program Paket C adalah memberikan kesempatan belajar yang seluas-luasnya bagi masyarakat putus sekolah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, sehingga memiliki kemampuan setara SMA dan dapat meningkatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sedangkan secara khusus, tujuan diselenggarakannya program Paket C sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pengetahuan warga belajar, sehingga mereka dapat mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan dunia kerja.
  2. Meningkatkan kemampuan sikap dan perilaku warga belajar sebagai individu dan sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, ekonomi dan alam sekitarnya.
  3. Meningkatkan pengetahuan keterampilan dan kemampuan warga belajar untuk bekerja, usaha mandiri, serta memberikan peluang bagi yang memenuhi persyaratan dan ketentuan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.
  4. Menjamin pemenuhan kebutuhan belajar bagi semua anak muda dan orang dewasa melalui akses yang adil pada program -program belajar dan kecakapan hidup.
  5. Menghapus ketidakadilan gender dalam pendidikan dasar dan menengah.
  6. Melayani peserta didik yang memerlukan pendidikan akademik dan kecakapan hidup secara fleksibel, sehingga mereka mampu meningkatkan mutu kehidupannya.

Program Paket C setara SMA memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :

  1. Memberikan layanan yang berjenjang melalui jalur pendidikan nonformal bagi warga masyarakat yang tidak atau belum mendapatkan pelayanan pendidikan pada jenjag SLTA.
  2. Memberikan peluang pada masyarakat yang telah menyelesaikan program Paket B setara SLTP dan telah menyelesaikan pendidikan setingkat SLTP serta lulusan MTs, yang tidak melanjutkan ke SLTA atau putus sekolah SLTA.
  3. Memberikan bekal keterampilan untuk bekerja atau usaha mandiri.
  4. Program Paket C bagi warga masyarakat yang karena keterbatasan sosial, ekonomi, waktu, kesempatan dan geografi tidak dapat mengikuti pendidikan Sekolah Menengah Atas/ sederajat.
  5. Memperluas akses pendidikan menengah Pendidikan Kesetaraan, sehingga mampu untuk meningkatkan rata-rata lama belajar dan produktivitas warga negara (Indeks Pembangunan Manusia/ IPM).

Pelaksanaan Program : 
Kurikulum dan silabus Program Paket C setara SMA ditetapkan oleh Dinas yang bertanggung jawab di bidangnya.

Pelaksanaan program Paket C selanjutnya berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan Pendidikan Kesetaraan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan.

Sementara ketua panitia Ujian, Joko Irwanto, ia berkata, warga belajar yang mengikuti ujian semester ganjil Kelas X : 27 orang, Kelas XI : 23 orang, Kelas Xll : 29 orang.

Lanjut Joko, bagi masyarakat Tanjung Jabung Timur Yang ingin bergabung di PKBM Cakra Widya, silahkan menghubungi pihak totor atas nama, Intan Permatasari, di NO HP. 0853 2559 2130, Sudarno, 0813 6662 2045, Joko Irwanto, 0813 68389 424, Jamal Daeng Mantereng, 0811 7468 700. (Ramzi)

Baca Juga :

Diduga BPN Kota Palangka Raya Terbitkan Sertifikat Dikawasan Hutan HPK, Koperasi Dayak Hapakat Provinsi Kalimantan Tengah Yang Menjadi Korbannya

Baca Juga :

Puluhan Ormas Kalteng Tolak Keberadaan Ormas TBBR Dugaan bertentangan dengan Adat Budaya Lokal Dayak Kalteng

Baca Juga :

Pengukuhan Pengurus Ikatan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Tulang Bawang masa Bhakti Ta 2020-2025

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here