Beranda Opini Pemimpin Yang Sabar

Pemimpin Yang Sabar

45
0

Oleh Masud HMN

Melayu Pos Indonesia – Banyak godaan cobaan manusia, apa lagi pemimpin. Olehnya pemimpin harus punya prinsip yang kokoh dan teguh. Banyak ajaran agama tentang kesabaran dalam hidup termasuk pemimpin. Paling tidak ada tiga macam berupa ayat yang kita kutip dibawah ini.

Ditambah dengan hadist dari nabi. Pada ayat untuk kita kutip adalah surat an Nahl Ayat 127 ada Firman Allah yang berfirman : “Bersabarlah dengan kebenaran, karena kebenaran datang dari Tuhan mu” . Ayat 127 ini relevan kiranya dengan prinsip hidup kita. Ini patut kita pegang dalam menyikapi tantangan kehidupan yang ada.

Apapun hasilnya setelah melalui proses kita terima. Proses demikian dimintakan agar bersabar. Terutama para pemimpin yang sudah berusaha maksimal.

Surat at Thur ayat 48 yang kitan nya sabar menunggu ketetapan Tuhan, Surat itu bermakna “Dan bersabarlah menunggu ketetapan Tuhanmu kamu berada dalam pengamatan Kamu-kamu bertasbihlah kepada Tuhnmu ketika duduk dan berdiri Tinggakanlah kegelisahan.

News Post : Politik Dengan Tujuan Menang

Ada hadits diriwayatkan Ibnu Abi Dunya yang mengatakan sabar ada 3 macam :  Sabar menghadapi musibah, sabar dalam beribadah, sabar dalam menjauhi maksiat. Hadits ini meminta tiap orang tetap bisa bersabar dari maksiat. Dalam arti menjauhi semua yang berhubungan dengan maksiat yaitu kejahatan
Dengan demikian setiap orang, apalagi pemimpin jangan jauh dari kesabaran. Berdiri tegak lurus dalam mematuhi konsep sabar, Ini diajarkan oleh agama agar tidak terombang ambing atau di bawah arus ketidak sabaran dalam hidup.

Kesabaran adalah prinsip kehidupan yang penting. Dengan sabar kita bisa hidup selamat. Dengan sabar kita bisa terhindar dari kegelisahan. Maka hiduplah bahagia dengan kesaaaabaran. Akhirnya sebagai penutup bersabar.Bersbarla sebab harganya lebih dari yang lain. Sabar itu beharga dari emas.

Doktor Masud HMN adalah Dosen Universitas Muhamadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA) Jakarta..

Baca Juga :

Publik Relation dan Human Relation

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini