Beranda Opini Publik Relation dan Human Relation

Publik Relation dan Human Relation

46
0

Oleh Masud HMN

Melayu Pos Indonesia – Pembelajar komunikasi tentu akan berhubungan dengan ilmu public Relation dan Human relation Begitu juga dalam mengelola Partai politik (parpol) dua esensi ilmu public dan human relation .Kaitan keduanya semakin elok maka makin sukses lah manajemen parpol..

Secara professional mayor analisis semakin dipercaya element profesional antara esensi human dan esensi publik kian baik. Sehingga kata publik dan human perlu didalami maknanya. Termasuk dalam menata kelola parpol.

Pola mantap ideology dan fleksibel dalam praktek menjadi manunggal. Satu kesatuan yang utuh. Harus dijadikan pegangan
Begitulah dalam berpartai politik yang demikian penting dalam partai politik. Sebab ada pertanyannya mengapa satu partai bertambah maju, dan lain atau partai dulu maju sekarang kok mundur.  Dimana salahnya pengelolaannya.

Ambillah misal satu partai kita targetkan masuk ke Senayan dengan bobot suara 4 percent sebagai syarat mutlak, Susah mencapainya malah jauh dari harapan. Namun ada parai yang tetap bertahan. Analisa sementara kita adalah kegagalan dalam human relation dan public relation itu. Partai politik harus sukses mengelola unsur utama tsb.Oleh karenanya kita perbaiki.

Dengan meminjam Susei Hwang harus memperdalam study analisa skill dalam menjajagi dan tujuan.Hal yang sama dengan kritik Anesh Ramen dalam argument intelligent mark kerja ke depan (New York Times, February, 14 2024)

Pada surat kabar New York Times edisi 14 Februari 2024 menulis hal itu. Dengan tekanan pada argument konsep mark intelegensi (tingkat kecerdasan) dalam tata laksana kerja.Artinya ada ketrampilan yang kurang. Hingga keberhasilan kerja menjadi kurang pula.

News Post : Politik Dengan Tujuan Menang 

Dalam menyoroti kerja partai politik kita dapat menunjukan dua konsep komunikasi
Pertama, human komunikasi .Menyangkut hubungan dengan anggota partai atau non anggota.Harus terlaksana dengan baik dan santun. Hubungan yang manusiawi (human)
Kedua, public relation hubungan dengan banyak orang (public). Hendaknya partai punya symbol yang bagus hingga orang lain tertarik. Seperti papan name board yang memadai
Dengan demikian partai yang human relation dan public relation yang andallah unggul untuk maju atau bertahan.Dengan demikian partai bisa maju ke masa depan. Jualan dengan konsep memuaskan rakyat.

Implemtasi pelaksanaan Partai dengan santun dan lembut pada anggota atau bukan anggota itulah partai yang laku. Partai bukan ideology belaka saja namun juga komunikasi pergaulan. Partai mantap dalam ideology tapi fleksibble dalam komunikasi

Masud HMN adalah Doktor Dosen Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA) Jakarta

Baca Juga :

Pemilihan Presiden Amerika

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini