Beranda Indonesia News Ketergantungan dan Perubahan

Ketergantungan dan Perubahan

77
0

Oleh Masud HMN 

Melayu Pos Indonesia – Para pakar organisasi manajemen percaya perubahan adalah niscaya. Ketergantungan dan perubahan berkaitan satu sama lainnya. Muncul persoalan bagaimana mengelola hubungan tersebut.

Terhadap soal tersebut pokok persoalan yang umum dibicarakan yaitu tanggung jawab social (responsibility) ke tanggapan social (sosial reponsivenes), ketertiban social (social involpment). Ketiga factor ini adalah berintikan perubahan social, berhubungan tanggung jawab berubah kearah yang baik.

Problem bagai mana perubahan itu seperti nya terdapat di semua organisasi sejak dari organisasi bisnis, pemerintahan, dan organisasi masyarakat. Mau tidak mau mesti dipakai dalam mengelola perobahan. Tanpa kecuali difungsikan dalam perubahan social. Misalnya dalam organisasi bisnis, nilai tercapainya target, mutu dan sebagainya.Capaian itu untuk menentukan kedepannya program apa yang perlu ditinjau.

Agar terus berkembang dan maju. Dua unsur lainya tanggap, dan tertib menjadi kriteria juga. Mencapai perubahan yang diinginkan. Demikianlah seterusnya dalam kita mengelola perubahan organisasi.

News Post : Milad Muhammadiyah ke 111 tahun

Tujuannya agar efektif dan efisien. Bila memakai tenaga kerja dalam aktivitas organisasi. Hingga terjelma kepuasan kerja.
Sebagai misal perusahaan transport taksi perlu memiliki radio panggil. Tujuan agar efektif dan efisien karena akan lebih mudah. Bagi penumpang mencari kendaraan. Karena itu dapat disimpulkan bahwa perubahan tak bisa kita tolak. Pendek kata niscaya akan terjadi pada organisasi manapun. Namun perubahan tergantung pada factor factor tertentu.

Paling tidak ada tiga factor yaitu, tanggung jawab social, partisipasi social dan tertib social
Tiga factor ini menyatu menjadi sebagai ketergantungan perubahan. Sehingga memungkinkan perubahan yang kita inginkan terjadi. Untuk itu perlu ada tanggung jawab ada partisipasi serta ada ketertiban.

Demikianlah mengelola perubahan yang baik. Tidak sembarangan serta efektif dan efisien. Demikianlah diharapkan .

Jakarta 18 November 2023.
Doktor Masud HMN adalah Doktor Dosen Universitas Muhammadiyah Pro.Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta.

Baca Juga :

Erfan Supardi Pesan : Pentingnya Olahraga Tenaga Dalam Dan Pernapasan Untuk Usia Dini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini