Beranda Opini Di Pilihan Raya Melaka BN Menang Mutlak

Di Pilihan Raya Melaka BN Menang Mutlak

395
0

Oleh Masud HMN

Melayu Pos Indonesia – Pilihan Raya di Melaka Barisan Nasional (BN) Menang Telak. Itulah hasil undi yang diumumkan 20 November 2021 dalam pemilihan Dewan Undangan Negeri (DUN) Melaka. Negeri kelahiran Hang Tuah ini menjadi symbol kemenangan partai berbasis Melayu yang masa sebelumnya kelihatan redup. Kini terjawb sudah BN gabungan dari beberapa partai, menunjukkan kelasnya.

Baca Juga : Bank Muamalat masuki era baru

Sebanyak 21 kursi dieroleh BN dari 28 kursi yang diperebutkan antara dua jurus koalisi, Yaitu Barisan Nasional dibawah Ismail Sabri Yakoob kini sebagai Perdana Menteri dan Pakatan Harapan partai koalisi pembangkang dibawah pimpinan Anwar Ibrahim. Kedua tokoh telah mencoba menawarkan program kepada rakyat pemilih secara maksimal dalam masa kompanye selama 12 hari. Dari 08 s/d 20 November 2021. “Kerja sama yang bagus antara BN” kata seorang warga Kuala Lumpur dalam pesan singkat pada penulis.

Sikap simpati pada Ismail Sabri Yakoob yang membawa angin segar atas kemenangan pilihan raya negara bagian Melaka ini nampaknya dengan serta merta menjadi era Umno akan bermula kembali. Ini menepis citra buruk selama ini yang menerpa UMNO sebagai partai yang terpapar rasuah, penuh ketidak adilan dan kurang orientasi rakyat akar rumput. Ternyata hal itu tidak masalah, hanya tinggal menjadi isu saja, Realitas rakyat masih maukan BN menjadi penyambung aspirasi mereka.

Sekali lagi kenyataan ini poin penting bagi Ismail Sabri Yakoob. Artinya sebagai langkah awal meniti sukses kelak dipilihan raya nasional mencapai kursi PM selanjutnya. Tentu saja jika realitas ini berlaku sama dengan keadaan yang berlansung sekarang di Melaka
Tetapi realitas dari Melaka mungkin saja berbeda dengan Negara bagian lain Malaysia.

Sejatinya Pilihan Raya Umum (PRU) akan dilaksanakan tahun depan. “Happy dan gusar juga ibarat telur diujung tanduk” kata Aminuddin teman saya dari Putra Jaya Malaysia Dia menambahkan Melaka adalah hanya sebagian saja dari gambaran politik Malaysia.

Bagi pihak koalisi pembangkang tentu pukulan yang cukup berat. Hanya mampu meperoleh tujuh kursi yang lima kursi menjadi miliknya partai Keadilan Rakyat partainya Anwar Ibrahim dan sisanya dari DAP (Demokratik Action Parti) dari partai etnis Cina dan satu lagi dari partai Amanah.

Dengan hasil pilihan raya tingkat Negara bagian Melaka sekarang ini, maka kendali kerajaan akan berada dibawah BN yaitu Yang amat berbahagia Sulaiman Md Ali untuk selama 5 tahun kedepan.Beralih dari Adli Zahari dari Pakatan Harapan yang memimipin kerajaan Melaka sebelumnya.

Secara umum, Pilihan raya Melaka sudah selesai dengan memasuki era baru. Memang sebelumnya terjadi “gelombang panas politik” mosi tidak percaya kepada Ali Rustam dari Pakatan Harapan, Kerajaan Melaka jatuh, lantas di adakan pilihan raya 20 Desember 2021 lalu hasilnya yaitu dengan tampilnya Sulaiman Md Ali.

Bola panas politik antara BN dan PKH tidak tangung tangung. Kompanye saling merendahkan dari dua kubu terjadi. PKH melontarkan “isu rasuah” terhadap pemimpin BN yang nota bene adalah orang UMNO. Yang disambut dengan isu “ambisius” terhadap pimpinan PKH utamanya Anwar Ibrahim.

Sejauh ini bola panas ini akan terhenti sementara. Masing masing kelompok mengevaluasi penampilannya untuk dimaksimalkan. Duel ketat akan terjadi lagi pada PRU yang dijadualkan awal tahun depan.
Akhirnya kita mencatat dua hal. Yaitu PRU dengan isu rasuah BN dan issue ambisisius untuk PH. Gelombang itulah sepertinya akan berlansung nanti. Sejauh ini hanya ada dua jurus belum ada yang lain.

Tokoh BN seperti Najib Razak, Zahid Hamidi dan Ismail Sabri Yakoob menutupi kelemahanya dengan menampilkan kaum muda yang dipromosikan pemimpin masa depan. Sementara PH memang dengan kemantapan ideologinya dibawah Anwar Ibrahim belum ada tandingannya. Mengingat Anwar sejatinya tokoh Malaysia yang ulet berpengalaman saat ini yang masih kokoh. Walalahu aklam bissawab.

Jakarta 21 November 2021.
*) Masud HMN adalah Dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA) Jakarta,

Email : masud.riau@gmail.com

Baca Juga :

Provinsi Lampung BRIGJEN POL Drs. EDI SWASONO, MM berkujung Ke Rutan Kelas IIB Menggala.

Baca Juga :

Puncak HUT IWO, Kab Tanjabtim, PGRI, Dan HGN, PD IWO Gandeng Dinas Pendidikan, Gelar Lomba KTI

Baca Juga :

Paguyuban NTT Antar Bantuan, Sambut Warganya Yang Baru Tiba Di Kalimantan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini