Beranda Indonesia News Paripurna DPRD Tanjabtim, Pansus lll Sampaikan 32 Rekom Tentang LKPj Bupati TA...

Paripurna DPRD Tanjabtim, Pansus lll Sampaikan 32 Rekom Tentang LKPj Bupati TA 2020

84
0

Muarasabak, Melayuposindonesia.com Panitia Khusus (Pansus) lll Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur) menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian Laporan Pansus tentang Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) bupati Tahun Anggaran 2020, Senin (19/04/2021) kemarin.

Paripurna yang dipimpin lansung oleh ketua DPRD Tanjabtimur, Mahrup didampingi oleh wakil ketua ll Gatot Sumarto, SH, dan dihadiri oleh Plh Bupati Tanjabtimur, Safril, S. IP, unsur Forkompimda, Sekwan, Asisten Setda, Kepala OPD, LSM, Insan Pers, dan undangan lainnya.

Ketua Pansus III, Musabakoh dalam penyampaiannya ia mengatakan, penyampaian rekomendasi terhadap LKPj, merupakan tindak lanjut atas penyampaian LKPj Bupati tahun 2020 yang disampaikan oleh Plh Bupati Tanjab Timur yang dibacakan minggu lalu.

Pansus lll memberi catatan dan rekomendasi yang terdiri dari 32 poin dibacakan secara lengkap oleh Ketua Pansus III DPRD, Musabakoh.

Ke-32 catatan dan rekomendasi tersebut ditujukan kepada Organisasi perangkat daerah.

Diantaranya Dinas Kesehatan, agar setiap puskesmas untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, melakukan pemerataan bantuan fasilitas alat dan sarana kesehatan dan memberikan pelayanan kesehatan diutamakan kualitas dan kuantitas khususnya puskemas perawatan.

RSUD Nurdin Hamzah, agar meningkatkan pelayanan rumah sakit sehingga masyarakat merasa terlayani dengan baik dan merekomendasikan penambahan tempat tidur pasien sebagai persyaratan mempertahankan status tipe C, merekomendasikan pemeliharaan rehab gedung dan sarana prasarana rumah sakit yang sifatnya mendesak, dalam penanganan terhadap pasien yang terinfeksi covid-19 petugas rumah sakit benar-benar sehat dibuktikan dengan hasil swab.

Dinas PARBUDPORA agar terus menggali beberapa indikator kegiatan parawisata, lebih meningkatkan kerjasama dengan dinas terkait dalam memajukan destinasi wisata dan mengenalkan produk-produk unggulan sedangkan Dinas Parbudpora bisa menjalankan even-even besar yang dapat memberikan dampak untuk kesejahteraan masyarakat.

Dinas Koperasi dan UMKM, dengan melakukan pemberdayaan kepada koperasi yang sudah ada dibidang sektor Home Industri bukan hanya produksi hasil laut dan diminta untuk mensukseskan program koperasi supaya pelaku usaha masyarakat bisa terbantu.

Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) pansus meminta lebih menggali produksi lokal selain batik dan kopi agar lebih berpariasi dan berkualitas dan mengevaluasi pengelolaan pasar untuk meningkatkan PAD dan juga dalam pengelolaan pasar untuk dapat di SK kan agar lebih bertanggung jawab.

Dinas Lingkungan Hidup, mengapresiasi atas capaian PAD yang melebihi target supaya lebih ditingkatkan dan bersinergi untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat dan memberi himbauan sosialisasi tentang aturan pengelolaan limbah dan membuang sampah, pansus menyarankan TPS 3 R dan daur ulang sampah plastik untuk dipisahkan.

Dinas Nakertrans pansus menyarankan dalam memberikan pelatihan agar tepat sasaran dan bermanfaat untuk masyarakat dan juga meminta pembangunan sarana prasarana dalam pengembangan SDM balai latihan kerja supaya diusulkan melalui Anggara Kementerian.

Dinas Pendidikan Pansus menyarankan ada upaya atau solusi untuk menyelesaikan masalah anak putus sekolah ditingkat sekolah dasar khususnya saat pandemi dan juga untuk lebih memperhatikan fasilitas sarana prasarana belajar.

Bagian Umum, Organisasi, Protokol dan Komunikasi Pimpinan serta Bagian Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Daerah, pansus memberikan apresiasi bagi kegiatan yang telah terlaksana dengan capaian yang cukup bagus, untuk dapat dipertahankan dan ditingkatkan , pansus juga menjarankan setiap pembahasan untuk memperhatikan kelengkapan berkas-berkas lebih dahulu

Demikian laporan Pansus III LKPJ Bupati Tahun 2020 kiranya dapat menjadi bahan bagi fraksi Fraksi DPRD Tanjab Timur dalam penyusunan pendapat akhir Fraksinya. Selain itu Pansus III juga menyampaikan agar ada koordinasi dari semua kepada perangkat daerah terkait dalam mengatasi pandemi covid-19 yang sedang melanda khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur,” harapnya. (Ramzi)

Baca Juga :

Pansus II DPRD Tanjabtim Bappeda dalam Perencanaan pembangunan lebih dititik beratkan pada pencapaian /outputnya sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat

Baca Juga :

Kudeta Kekerasan di Myanmar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here