Beranda Indonesia News Tragedi Nanggala 402 Dan Simpati Malaysia

Tragedi Nanggala 402 Dan Simpati Malaysia

52
0

Oleh Masud HMN*)

Melayuposindonesia.com – Peristiwa kecelakaan kapal selam KRi Nanggala 402 dilaut utara pulau Bali 21 April 2021 lalu, merupakan accident yang banyak mendapat perhatian banyak orang. disela pandhemi,dan suasana aktiuvitas bulan suci Ramadhan.

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin pemimpin pertama yang lansung menyampaikan pernyataan berduka cita atas peristiwa yang menewasakn 53 awak kapal selam tersebut, “saya mewakili kerajaan dan seluruh rakyat Malaysia merakamkan ucapan rakziah kepada Presiden Joko Widodo Presiden Republik Indonesia atas tragedy yang menimpa KRI Nanggala 402”, dikutip dari pernyataan resmi yang dikeluarkan tertanggal 22 April 2021.

Atas nama masyrakat Muslim Malaysia dengan lembaga YAKIM juga menyampaikan ucapan duka citanya. YAKIM atas nama Majlis Agama menghimbau untuk mendoakan para korban kecelakaan Kapal Selam Nanggala 402, kata peryantaaan yang ditandatangani Zakaria bin Othman tanggal 26 April 2021 Sympati dari Malaysia juga diwujudkan dengan mengirim kapal Mega Bakti milik Kerajaan Malaysia untuk membantu pencarian kapal Naggala 402 di laut Utara pulau Bali. Kapal itu bergabung dengan TNI Angakatan laut Indonesia 22 April 2021
Selain Malaysia Amerika Serikat juga ikut bergabung bekerjasama, Seperti disampaikan Jim Kirby sekretaris Pers Menteri Pertahanaan Amerika menyatakan (22/4/21).

Mengirim pesawat militer membantu dalam mencari hilangnya kapal selam Indonesia tersebut yang diperkirakan berada dalam laut kedalaman lebih 800 meter.

Kapal KRI Nanggala 402 membawa 53 personil angakatan laut dalam rangka latihan. Kapal buatan Jerman rahun 1977 itu dilengkapi alat canggih termasuk persenjataannya. Terjadi peristiwa atau tragedy itu diluar dugaan, Dari temuan sementara terdapat serpihan body kapapal selam tersebut. Fakta ini menindikasikan ada ledakan pada body kapal karena tekanan udara dalam posisi yang cukup dalam itu.

Saat ini selang 6 hari kejadian, usaha pencarian terus dilakukan. Belum dapat disimpulkan apa gerangan penyebab pristiwa tersebut. Mungkin human error, atau kondisi lain yang datang tiba tiba, menjadi pertanyaan yang perlu dijawab. Kita semua menunggu kejelasan.

Diatas semua perkiraan dan dugaan, yang bisa dipastikan itu lah kekuasaan dari Tuhan, Tak sesiapapun yang mampu mengelakkan musibah datang menimpa. Kita mendoaakan personil militer yang menjadi korban, diampuni dosanya dan diterima arwahnya ditempat yang laiak disisi Nya.

Selainnya, tragedy ini telah menggugah simpati kesadaaran Indonesia dan luar Negara, Tentu kita berterima kasih atas simpati segala pihak. Khususnya Negara tetangga Malaysia yang meangkasakan rasa duka mendalam memupuk solidaritas sosial kedua bangsa yang satu rumpun.

Jakarta 27 April 2021
*) Penulis adalah Ketua Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM) Jakarta

Tonton Juga :

Ilustrasi Tenggelamnya KRI Nanggala 402

Baca Juga :

Keridhoan Ilahi

Baca Juga :

PD IWO Tanjabtim Beserta Anggota Galang Dana Untuk Bantu Anak Wartawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here