Beranda Opini Briliyant Strategy Visi Saudi Arabia 2030

Briliyant Strategy Visi Saudi Arabia 2030

53
0

[REDAKSI//EDITOR : ERSAN]

MELAYU POS INDONESIA – Banyaknya isu disekitar lingkungan Kerajaan Saudi Arabia semenjak munculnya Pangeran Mohammad Bin Salman atau populer sebutan MBS terus menjadi perhatian dunia khususnya dunia termasuk Indonesia. Lagi pula merupakan momentum Nasional Day ke 95 yang jatuh 22 September 2020.

Isu tentang ketegasan dalam memberantas
kecurangan bidang keuangan, ketegassan dalam bidang politik pemerintaham hingga menorehkan strategy besar visi Saudi Arabia 2030, Strategy briliyant. Semua kerangka kerja tersebut telah menempatkan keberadaan Kerajaan Saudi dibawah Raja Salman sang ayahnya.

Visi Saudi Arabia 2030 adalah main strategy yang dibuat dan Pangeran MBs sebagai putra Mahkota yang menjalan kan rolenya. Idealisme visi Saudi Arabi 2030 menggeser ekonomi berbasis energy minyak menjadi non mimyak Tekanan pelaksanaan visi tersebut memenifestasikan perubahan mendasar. Baik dibidang budaya dan ekonomi. Topic ini diulas dalam artikel Arab News (22/9/20) oleh Dimah Talal Alsyarif seprang expert consultans bisnis corrporasi dibawah judul The Arab Saudi Continue atrractive regulation Seperti juga disiarkan oleh oleh media internasional tentang garis besar pembangunan baru Arab Saudi Yaitu dengan keterbukaan dalam budaya, Property market, serta pariwisata.

Pertama dalam bidang kebebasan san kaum hawa dibolehkannya wanita menyetir mobil keluar rumah jufa berenang dipantai dengan pakainan renang dan lain sebagainya,

Kedua, keterbukaan pasar. Yaitu dilaksanakan pembangunan market property sepanjang pantai laut merah, dalam rangka masuknya investasi luar.

Ketiga, bidang ekonomi dan jasa dengan fasilitas memadai ternasuk memajukan bidang bidang pendidikan. Agenda ini untuk menggerakan ekonomi local yang diselaraskan bisnis corporasi Tiga garis besar Visi 2030 Arab Saudi ini merupakan lompatan kedepan yang disitu mencoba mengurangi ketergantungan pada ekonomi energy minyak bumi.

Hal ini menjadi penting karena cadangan minyak bumi mulai menyusut. Lalu harus dicari akternatibe lain Dalam persfekti demikian peran MBS dalam mengamankan dan mensukseskan kerajaannya amatlah penting. Meskipun ada riak gelombang yang menerpa kestabilan politik karena geseran intern istana namun dapat diredam dengan jawaban strategis bahwa segalanya demi pembangunan kerajaan masa depan. Untuk kesejahteraan rakyat serta kejayaan Negara. Dirgahayu Kerajaan Saudi Arabia semoga Raja Salman dan Putra Mahkota Pangeran Mohammad bin Sulaiman (MBS) sang penjaga dua tanah suci (khadhamul Haramain) sehat selalu dan panjang umur. Amin. Selamat Ulang Tahun Kerajaan Saudi Arabia ke 90.

Jakarta 22 September 2020
*) Masud HMN adalah Doktor Dosen Univ
Muhammadiyah Prof Dr Hama ( UHAMKA )
Jakarta dan anggota Lembaga Hubungan Luar
Negeri Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Tonton Juga :

Baca Juga :

PEMUDA PANCASILA MINTA PEMDA TURUN KEOBJEK LOKASI TERKAIT PERSENGKETAAN LAHAN MASYARAKAT

Baca Juga :

Paripurna DPRD Kab. Tanjabtim Sampaikan Laporan Banggar Terhadap RPD Tentang APBD Perubahan Tahun Anggaran 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here