Beranda Opini Pilihan Raya Sabah

Pilihan Raya Sabah

29
0

MELAYU POS INDONESIA – PILIHAN Raya Sabah punya arti penting bagi Pemerintahan Malaysia di bawah Pimpinan Muhyiddin Yassin Perdana Menteri (PM). Harus sukses dan terjauh dari kekacauan. Partai yang akan bertanding diharapkan bersikap fair flay berkhidmat penuh pada negeri.

Kegiatan pilihan raya wilayah Negara bagian Sabah di kawasan Timur Malaysia kali ini, setidaknya dapat dilihat dari tiga hal. Yaitu (1) kestabilan politik, (2) problema ekonomi dan (3) keamanan perbatasan. Tiga hal diatas punya implikasi terhadap Kuala Lumpur dalam memberi solusi terbaik Seperti kita ketahui dalam masa dekat ini yakni September 2020 (Sinar Daily,23/8/20) akan dilaksanakan event penting Yaitu pesta demokrasi arau Pilihan Raya akan dilansungkan di Negara bagian Sabah Malaysia Timur Pilihan raya daerah untuk memilih anggota legislative daerah atau Dewan Undangan Negeri (DUN). Kegiatan tersebut melibatkan semua partai

Antara lain dari UMNO,Partai Melayu Bersatu Partai Warisan dan partai lain. Kompetisi dari Piihan Raya ini memperebutkan 73 kursi perlemen. Akan ditetapkan untuk masa periode 4 tahun Kompetisi tersebut berimpilasi pada hal berikut
Pertama, adalah implikasi politik Yaitu Kuala Lumpur harus menjaga stabilitas keberadaan Kerajaan mengingat bisa saja momentum pilihan raya Sabah digunakan untuk mempersoalkan PM Muhyiddin Yassin dalam kedudukan koalisi Mufakat Nasional (MN) Karena koalisi MN merupakan gabungan UMNO, PAS dan Partai Melayu Bersatu dengan mayority tipis yaitu MN 113 kursi berbanding 109 kursi oposisi. Artinya PM Muhyiddin Yassin (masih) rawan di lembaga perlemen Malaysia.

Kedua adalah problema ekonomi. Krisis Covid 19 telah menggoyangkan fundamentl ekonomi semua Negara, Sejak pengguran, kesehatan, dan keuangan.

Meskipun pertumbuhan ekonomi Malaysia kini ada indicator pada angka positif 07 percent. Dibandingkan sebelumnya sempat menguncup minus yaitu pada 017 percent kuartal I tahun 2020, Artinya belum pulih seperti sebelum krisi s Corona dimana pertumbuhan awal ada pada angka 4,5 percent.

Ketiga, implikasi Persoalan Pilihan raya Sabah adalah masalah keamanan, Hiruk pikuk event pilihan raya dapat dimasuki kelompok penggangu keamanan, Terutama kaitan perbatasan Pilifina dengan terror bersenjata, Yang selama ini sering terjadi Ini perlu mendapat perhatian Kuala Lumpur Tiga implikasi akibat Pilihan Raya Sabah menjadi tanggung jawab Kuala Lumpur. Yaitu pada politik, perlu kepastian pilihan raya berlansung parsigatif dan damai.Implikasi ekonomi diupayakan tidak terganggu.Yang berikutnya soal keamanan kawasan perlu di jaga agar anasir penganggu dari kelompok teroris tidak menumpang masuk dalam agenda pilihan raya Sabah kali ini.

Secara umum pilihan raya akan terpokus pada partai warisan kokal Sabah, UMNO. Partai PAS dan Melayu Bersatu serta Partai kecil liannya. Partai Warisan dan UMNO dua partai ini nampaknya dominan Dari persfektif Indonesia Pilihan Raya Sabah dapat dilihat penting dari sudut keamanan kawasan. Persoalan Pilifina Selatan laut Cina Selatan. Ini persoalan strategis dan berbahaya, sebuah evil war scenario ( peperangan dengan scenario pengacau) yang membawa malapetaka
Pada akhirnya kita berharap Pilihan Raya Sabah akan sukses. Partai manapun yang menang harus diterima baik. Bukankah tujuan darI perjuangan partai untuk berkhidmat menjulangkan kesejahteraan dan kejayaan rakyat Sabah.? Semoga.

Jakarta 25 Agustus 2020
*)Masud HMN adalahKetua Pusat Kajian Peradaban Melayu (PKPM) Jakarta. Email masud,riau@gmail.com

[REDAKSI//EDITOR : ERSAN]

Klarifikasi Ketua Adat Kinipan Suku Dayak “Efendi Buhing” yang Dibebaskan Polisi, Selengkapnya Klik Video atau Link Berikut

https://youtu.be/JLPyFuUdt4k

Baca Juga :

BHAKTI SOSIAL POLRES MUARO JAMBI DI PANTI YAYASAN ASY SYAMSI INDONESIA SIMPANG SUNGAI DUREN

Baca Juga :

Puskesmas Kampung Laut dan KUA tanda tangani kerjasama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here